Entri Populer

Sabtu, 09 Maret 2013

peptidoglikan dan bakteri gram-positif



1.     

Peptidoglikan merupakan suatu bahan yang terkandung didalam dinding sel bakteri. Peptidoglikan tersebut terdiri  dari polimer modifikasi gula-gula yang diikatsilangkan dengan polipeptida pendek yang berbeda dari satu spesies ke spesies lain.
Gambar 1. Struktur Kimia Peptidoglikan


2.      Perbedaan antara bakteri gram-positif dengan bakteri gram negative, yaitu pada bakteri gram-positif memiliki dinding sel yang lebih sederhana dengan jumlah peptidoglikan yang relative banyak; dan pada saat pewarnaan akan menahan warna violet. Sedangkan, pada bakteri gram-negatif memiliki dinding sel lebih kompleks yang tersusun atas membran bagian luar dan gel periplasmi; mengandung lipopolisakarida yang sering bersifat toksik (racun); lebih resisten terhadap antibiotik dibandingkan dengan bakteri gram-positif karena adanya membran bagian luar yang menghalangi masuknya obat-obatan; dan pada saat pewarnaan akan menahan warna merah.

3.      Salah satu contoh fungi uniseluler, yaitu khamir (yeast) dari divisi Ascomycota bereproduksi secara aseksual dengan cara pembelahan sel sederhana atau dengan pemisahan dari sel induk; biasanya fungi uniseluler berukuran mikroskopik. Sedangkan fungi multiseluler membentuk hifa; berukuran mikroskopik  atau makroskopik; reproduksi secara aseksual dengan cara spora vegetative, reproduksi secara seksual dengan cara perkawinan antar hifa yang berbeda jenis. Contohnya Rhizopus oryzae dari divisi Zygomycota.


Daftar Pustaka
Bayu, Fitria. 2009.http://biobakteri.wordpress.com/3-dinding-sel/. Diakses 3/3/2013.
Campbell, Neil.A,. Jane, B.Recee,. and Lawrence G. Mitchell. 2003. Biologi Edisi Kelima Jilid 2. Ahli bahasa Wasmen. Jakarta. Erlangga.
Campbell, Neil.A,. Jane, B.Recee,. and Lawrence G. Mitchell. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Ahli bahasa Wasmen. Jakarta. Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar